Bioteknologi


.



Agak berat nih omongannya.. *lebay
Bioteknologi ni..apa yang gw pelajarin selama 4 tahun di kampus tercinta Al Azhar..
Bioteknologi itu sendiri apa sih??

Bioteknologi cabang ilmu yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup (bakteri, fungi, virus, dan lain-lain) maupun produk dari makhluk hidup (enzim, alkohol) dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa.

bioteknologi yang gw pelajarin yah susah2 gampang sih..hehehe...
biotek yang gw udah pelajarin nih..
-Pengantar bioteknologi (harus kudu dipelajarin)
-Bioteknologi Akuatik
-Bioteknologi Tumbuhan
-Bioteknologi Hewan
-Bioteknologi Lingkungan
-Bioteknologi Forensik
-Bioteknologi Industri
-Bioteknologi Informatika

yang belum gw pelajarin:
-bioteknologi kesehatan
-bioteknologi etika

sesuai kan apa yang gw pelajarin sama pembagian bidang2 bioteknologi itu sendiri yaitu:

  • Bioteknologi merah (red biotechnology) adalah cabang ilmu bioteknologi yang mempelajari aplikasi bioeknologi di bidang medis.Cakupannya meliputi seluruh spektrum pengobatan manusia, mulai dari tahap preventif, diagnosis, dan pengobatan. Contoh penerapannya adalah pemanfaatan organisme untuk menghasilkan obat dan vaksin, penggunaan sel induk untuk pengobatan regeneratif, serta terapi gen untuk mengobati penyakit genetik dengan cara menyisipkan atau menggantikan gen abnomal dengan gen yang normal.
  • Bioteknologi putih/abu-abu (white/gray biotechnology) adalah bioteknologi yang diaplikasikan dalam industri seperti pengembangan dan produksi senyawa baru serta pembuatan sumber energi terbarukan.Dengan memanipulasi mikroorganisme seperti bakteri dan khamir/ragi, enzim-enzim juga organisme-organisme yang lebih baik telah tercipta untuk memudahkan proses produksi dan pengolahan limbah industri. Pelindian (bleaching) minyak dan mineral dari tanah untuk meningkakan efisiensi pertambangan, dan pembuatan bir dengan khamir.
  • Bioteknologi hijau (green biotechnology) mempelajari aplikasi bioteknologi di bidang pertanian dan peternakanDi bidang pertanian, bioteknoogi telah berperan dalam menghasilkan tanaman tahan hama, bahan pangan dengan kandungan gizi lebih tinggi dan tanaman yang menghasilkan obat atau senyawa yang bermanfaat. Sementara itu, di bidang peternakan, binatang-binatang telah digunakan sebagai "bioreaktor" untuk menghasilkan produk penting contohnya kambing, sapi, domba, dan ayam telah digunakan sebagai penghasil antibodi-protein protektif yang membantu sel tubuh mengenali dan melawan senyawa asing (antigen)
  • Bioteknologi biru (blue biotechnology) disebut juga bioteknologi akuatik/perairan yang mengendalikan proses-proses yang terjadi di lingkungan akuatik. Salah satu contoh yang paling tua adalah akuakultura, menumbuhkan ikan bersirip atau kerang-kerangan dalam kondisi terkontrol sebagai sumber makanan, (diperkirakan 30% ikan yang dikonsumsi di seluruh dunia dihasilkan oleh akuakultura). Perkembangan bioteknologi akuatik termasuk rekayasa genetika untuk menghasilkan tiram tahan penyakit dan vaksin untuk melawan virus yang menyerang salmon dan ikan yang lain. Contoh lainnya adalah salmon transgenik yang memiliki hormon pertumbuhan secara berlebihan sehingga menghasilkan tingkat pertumbuhan sangat tinggi dalam waktu singkat

gara2 belajar mata kuliah beginian.. otak gw agak eror juga...hahaha... berat boo..materinya..zzzz

ya mudah2an gw bisa jadi saintis nantinya..amiin...kan gak sia2 tuh mama dan papa biayain kuliah gw..hehehe...
gelarnya nanti..

Tastaptyani Kurnia Nufutomo,S.Si

Insya Allah..aminn..





Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer